Pesan Untuk Anda

Thank You Bro n Sist Yang Udah Kunjungi Blogq Yah...

Kamis, 30 Maret 2023

Metamorfosis Pendidikanku Dari Taman Kanak-Kanak Sampai Pascasarjana

 



Aku mulai mengenal bangku sekolah tahun 1970 di Taman Kanak-Kanak Pertiwi yang masih teringat ibu Guruku adalah ibu Ida dan Ibu Yati beliau-beliau yang mengajarkan kami bersosialisasi, berteman, berhitung, membaca, menulis dan bernyanyi tentunya

Cikal bakal berkesenian sudah tampak di momen foto ini bahwa sejak kecil sudah menyenangi mendengarkan tangga lagu Indonesia terbukti dengan apa yang kupegang di foto ini adalah Radio Transistor 2 Band bukti aku senang menderngarkan lagu-lagu di siaran radio swasta niaga. Foto ini adalah foto bersama dengan kakakku yang no 2 dan adikku yang no 10 lokasi di halaman depan rumah Jl. Untung Suropati No 3 Sidoarjo, Jawa Timur

Foto berempat ini mengambil lokasi di Taman Bermain Perumahan Gelora Sidoarjo saat itu masih perubahan baru di kota Sidoarjo. Aku sekolah di SD Negeri Sidoarjo IV yang lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Kota Sidoarjo. Tahun 1971 aku masuk SDN Sidoarjo IV dan Lulus Tahun 1976. Guru-guru SDN Sidoarjo IV yang aku masih ingat ada Ibu Sutardji wali kelas satu, Ibu Soemarni walikelas IV dan Guru Kesenian Bpk. Ikhsan. Guru Kesenian saya masih ingat karena waktu kelas 6 beliau mengajar ada teman sekelasku yang disuruh maju ke depan kelas untuk main gitar dan temenku itu bisa main gitar namanya Iwan tapi lengkapnya aku tidak ingat lagi yang jelas dari situ lah aku pingin banget bisa main gitar



Ini foto berempat dengan nomor punggung 8, aku no 9, 10, dan no 11 foto di teras rumah Jl. Untung Surapati No 3 saat akan berangkat sekolah. Tahun1977 aku masuk Sekolah Menengah Pertama Negeri I Sidoarjo waktu masuk di kelas I B naik kelas ke kelas II B dan naik kelas III ke III A wali kelasnya Guru Matematika Ibu Hj. Masning S.Pd. maih ingat banget dengan beliau dan sampai sekarang berteman di Facebook. Seharusnya aku lulu SMP tahun 1979 karena ada perubahan kebijakan kurikulum saat itu maka aku Lulus SMP Tahun 1980.


Pas aku SMA masuk ke Sekolah Menengah Atas Negeri Sidoarjo (SMAN Sidoarjo saat itu) sekarang jadi SMAN I Sidoarjo masuk Tahun 1980 dan Lulus SMA Tahun 1983. Sebagian bapak dan ibu guru yang aku masih ingat ya Guru Olah Raga p Darmoko, Guru Menggambar Proyeksi p Mawardy, Guru Matematika p Komar, Guru Elektronik p Adiwoso, Guru Sejarah p Tito, b Tatiek Guru PMP ternyata banyak juga yang aku sudah lupa.


Tahun 1985 aku masuk ke Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi milik Departemen Kesehatan RI yang waktu itu ikatan dinas dengan sistem pendidikan yang masih menerapkan sistem DO (drop out) kalau memiliki nilai tidak memenuhi syarat yang berlaku, Angkatanku masuk sebanyak 80 orang dan yang hingga lulus dan wisuda bersama tinggal 53 orang 

Wisuda Lulusan Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi Jakarta tahun 1988 dilaksanakan di Gedung Graha Purna Yudha (Granada) dulu sekarang menjadi Plaza Semanggi karena lokasinya di lingkaran timur Jembatan Semanggi salah sati icon Kota Jakarta. Aku wisuda didampingi Bapak dan Ibu ku juga adikku yang no 10.




Tahun 1993 aku test melanjutkan program Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia dan dapat sponsor tugas belajar dari WHO (World Health Organization). waktu itu peminatanku adalah Biostatistika yang merupakan ilmu hybrida antara Satistika dengan Ilmu Kesehatan dan aku selesai tepat waktu dan wisuda tahun 1995 langsung kembali mengajar di Akademi Penilik Kesehatan Departemen Kesehatan Jakarta





















0 comments:

Posting Komentar